Musyawarah Desa, Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa Pengambengan (RKPDes) Tahun 2021

SHARE

Dalam rangka mempersiapkan program pembangunan yang akan dilaksanakan pada tahun 2021 mendatang dan sebagai implementasi Peraturan Menteri Dalam Negeri Tentang Pedoman Perencanaan Pembangunan Desa, maka dari itu Pemerintah Desa Pengambengan menggelar Musyawarah Desa (MusDes) penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDesa), Senin 22 Juni 2020.

Musyawarah desa ini dihadiri Pendamping Desa Tingkat Kecamatan Riskiawati, SH, Kepala Desa Pengambengan Kamaruzzaman, S.Pd, Ketua dan Wakil Badan Permusyawaratan Desa A. Mahrus dan Bambang Irawan, kelian banjar, unsur perangkat desa, tokoh masyarakat dan karang taruna. Pelaksanaan Musdes kali ini sedikit berbeda dengan biasanya karena dilaksanakan dengan anggota sangat  terbatas mengingat harus mematuhi protokol kesehatan dalam mencegah penyebaran Virus Covid-19..

Dalam rapat yang dilaksanakan di Kantor Desa Pengambengan yang dibuka oleh Ketua BPD menjelaskan bahwa penyusunan RKPDesa merupakan alur penting pelaksanaan pembangunan kedepan. Dengan menempatkan skala prioritas pada wilayah-wilayah yang masih minim dan belum terjamah kegiatan pembangunan.

Acara dilanjutkan dengan penyerapan aspirasi berupa penggalian usulan dari tiap-tiap dusun. Kepala Desa mengharapkan agar usulan yang disampaikan tidak hanya sebatas kegiatan pembangunan fisik, namun juga kegiatan program pemberdayaan masyarakat seperti pelatihan-pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas masyarakat sehingga mampu mengangkat taraf hidupnya.

Setelah melalui beberapa pertimbangan, dari beberapa usulan yang disampaikan akhirnya disepakati usulan yang menjadi skala prioritas rencana kerja pembangunan desa untuk tahun anggaran 2021 selanjutnya dituangkan dalam berita acara musyawarah desa. (ai)