Sejarah Desa Pengambengan

SEJARAH DESA

Kita mengetahui bahwa masing–masing desa memiliki sejarah terbentuknya sebuah desa dimana sejarah desa pengambengan diungkapkan mengetahui asal usul desa, desa pengambengan ini sudah terbentuk dan resmi menjadi desa diberinama desa pengambengan dipimpin oleh seorang kepala desa pertama adalah bernama WAK JARKASIH.

Sejarah desa pengambengan adalah didapat dari penuturan orang–orang terdahulu, tokoh masyarakat yang dapat dipercaya pendapatnya, bahwa pengambengan ini diambil dari peristiwa adanya air ngambeng artinya air yang tidak bisa keluar kemana – mana atau tetap ditempat yang lama kelamaan disebut orang pengambengan. Demikian sejarah singkat pemberian nama desa pengambengan oleh tokoh masyarakat terdahulu dengan harapan dapat dikenal oleh generasi mendatang.

SEJARAH KEPEMIMPINAN DESA PENGAMBEGAN

Menurut sumber dari nama-nama yang pernah menjabat sebagai Kepala Desa/ Perbekel Desa Pengambengam adalah sebagai berikut :

1. JARKASIH                                  tahun 1943 – 1950

2. ABDURRAHMAN                        tahun 1950 – 1950

3. ABDUL MALIK                            tahun 1950 – 1956

4. ABU NUR                                    tahun 1957 – 1962

5. ABDUL WAHAB                          tahun 1962 – 1980

6. M. RIDWAN                                 tahun 1980 – 1985

7. H. JAHARI SYAFI’I                      tahun 1986 – 2002

8. H. ASMUNI TURYADI                 tahun 2002 – 2013

9. SAMSUL ANAM                          tahun 2013 – 2019

10. KAMARUZZAMAN, S.Pd          tahun 2019 – 2025

Desa Pengambengan terdiri dari 2 dusun yaitu Dusun Ketapang dengan asal muasal nama ketapang diambil dari sebuah nama pohon besar yakni pohon ketapang dan Dusun Munduk dari asal muasal nama munduk yang diambil karena daerahnya bergunduk-gunduk maka diberi namalah Dusun Munduk dengan Kepala Dusun Ketapang (Mas Ahmad Syah) dan Dusun Munduk (Basrah).

Dengan seiringnya waktu dan  letak geografis Dusun Kombading lebih dekat ke Pengambengan sehingga Dusun Kombading yang asalnya di Wilayah Kelurahan Loloan Timur akhirnya secara administrasi ikut Wilayah Desa Pengambengan.

Selanjutnya di Tahun yang sama terjadi pemekaran dusun Ketapang menjadi 2 Dusun antara lain Dusun Ketapang dan Dusun Ketapang Muara, Kemudian terjadi pemekaran juga untuk Dusun Munduk menjadi  2 dusun antara lain Dusun Munduk dan Dusun Kelapa Balian, akhirnya sampai saat ini Desa Pengambengan terdiri dari 5 Dusun antara lain :

1.  Banjar Kombading Kepala Dusunnya           : 1. BUHARI, 2. H. MUHAMAD SURI, 3. MUHAMAD HUSNAN, 4. RIDWAN, dan yang sekarang 5. MUTAMAKIN.

2. Banjar Ketapang Muara Kepala Dusunnya : 1. BAHRI ALI, 2. MAHRUS ALI, dan yang sekarang 3. JAMAL ASIK

3. Banjar Ketapang Kepala Dusun : 1. MAS AHMAD SYAH,  2. AHMADI 3. KAMARUZZAMAN 4. PLT. ANDRIYAN MUTTAQIN (Satu Tahun)

4. Banjar Munduk Kepala Dusunnya : 1. BASRAH, 2. MUJAIMI, 3. LUKMAN NULHAKIM dan yang sekarang 4. BAMBANG SUWAHONO

5. Banjar Kelapa Balian Kepala Dusunnya   : 1. ABDUL HAMID, 2. KA’AB dan yang sekarang 3. ALI RAHMAN

Demikian sejarah singkat berdirinya desa pengambengan dengan berbagai pristiwa yang melatar belakangi disertai dengan pimpinannya yang setiap saat mengalami perubahan sesuai dengan perubahan jaman/ habis masa jabatannya. Semoga hal ini akan menjadi suatu tantangan bagi generasi muda sebagai penerus pemerintahan desa dan penerus bangsa, memahami potensi desanya, menggali untuk memakmurkan dan kesejahtraan bersama dengan membangun fisik dan non fisik dalam berbagai bidang.

Sejarah dengan apa yang dicita-citakan oleh para perintis dan pendiri desa pengambengan demi tercapainya masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, sebagaimana diamanatkan oleh Proklamasi 17 Agustus 1945.